Arung Jeram Di Pangalengan, Bandung Selatan

Arung jeram merupakan egiatan yang memadukan antar unsur wisata, petualangan dan edukasi yang akhir-akhir ini sedang sangat banyak digemari. Arung jeram dikenal di Indonesia sejak pertengahan 70 an tepatnya yaitu tahun 1975 pada saat diadakan acara Citarum Rally, dan akhirnya berkembang pesat pada tahun 90-an.
Saat ini kegiatan arung jeram ini sudah menjadi wisata andalan khususnya daerah Pangalengan dan merupakan wisata alternatif keluarga.


Hal yang menyebabkan arung jeram ini banyak di minati akhir-akhir ini adalah karena tidak ada kriteria khusus dalam mengikuti kegiatan ini, karena hampir setiap orang dapat mencobanya. Mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Meskipun kegiatan ini tracknya adalah di air, namun anda yang tidak berenang juga tetap bisa mengikuti kegiatan ini, hal ini tentunya karena di[andu oleh tim yang sudah profesional.

Sungai yang dapat anda arungi untuk melakukan kegiatan arung jeram di Panglengan adalah sungai Palayangan dan sungai Cisangkuy yang terdapat di banjaran, sungai cisangkuy lebih aman untuk diarungi oleh pemula baik itu anak-anak ataupun orang dewasa.

Sungai palayangan berasal dari Cileunca dimana debit airnya bisa diatur sehingga tetap stabil dalam berbagai cuaca. Begitupun dengan arus sungai. Waktu mengarungi sungai ini dengan arung jeram dalah sekitar 1,5 sampai 2 jam. Tentunya akan sangat memuaskan bukan. Belum lagi ditambah dengan berbagai rintangan yang bisa anda temui di sungai Palayangan selama anda melakukan kegiatan arung jeram.

Air di sungai ini bersuhu dingin , bersih dan jernih. Jeram yan paling menantang di sungai ini adalah jeram kecapi. Pemandangan yang bisa anda nikmati selama mengarungi sungai ini adalah hutan pinus dan perkebunan teh.
Lokasi dari sungai palayangan ini terletak di 45 km selatan Bandug, tepatnya di kota Pangalengan yang sudah terkenal sejak lama sebagai penghasil susu dan sayuran.

arung jeram pangalengan sungai yang bisa memuaskan anda melakukan kegiatan arung jeram adalah sungai Cisangkuy, sungai ini berada di kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Air sungai cisangkuy mengalir di lembah gunung patuha dan gunug malabar. Sungai cisangkuy membentang dari selatan ke utara membelah melintasi kota Banjaran dan merupakan bagian dari DAS (daerah Aliran Sungai) Citarum.

Sumber utaa air yang mengalir ke sungai Cisangkuy berasal dari situ Cileunca dan beberpa aanak sungai lain yang berada di sekitar sungai Cisangkuy. Sungai cisangkuy digolongkan dalam arus dan jeram grade 3 atau memiliki tingkat kesulitan yang menengah, sehingga cukup aman untuk digunakan aktifitas arung jeram. Baik itu untuk pemula maupun yang sudah pro. Dan anak-anak yang bisa mengiktinya adalah dari usia anak 9 tahun. Jangan khawatir karena akan ada pemadu yang menemani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*